Sabtu, 09 September 2017

10 Film Ini Mengajarkan Pentingnya Menjadikan Keluarga Sebagai Prioritas Utama

Rekomendasi film keluarga - Keluarga adalah tempat paling nyaman untuk menyandarkan segala isi hati, baik dalam keadaan senang maupun susah. Keluarga juga merupakan tempat yang paling kita percaya untuk menunjukkan siapa kita, tanpa merasa ada beban atau penghalang. Namun, setiap keluarga tentu memiliki ciri khas dan problematikanya masing-masing. Tidak ada rumah tangga yang tidak memiliki konflik, selalu ada perbedaan yang muncul dalam menyikapi suatu persoalan. Dibutuhkan pemahaman, kesabaran, dan kedewasaan untuk tetap menjaga keharmonisan dalam keluarga.

Maka penting bagi setiap anggota keluarga untuk bekerjasama dan merespon persoalan apapun dengan sikap positif. Sehingga munculnya masalah bukan menjadi pemecah, tapi justru menjadi perekat cinta.

Berikut ini adalah beberapa film keluarga yang bagus untuk dijadikan refleksi dan inspirasi. Film-film keluarga berikut ini mengajarkan kita untuk memandang keluarga sebagai prioritas utama, karena keluarga adalah rumah, karena keluarga adalah segalanya. 

1. Yours, Mine & Ours (2005)

film keluarga Yours, Mine & Ours

Sebuah film tentang duda yang juga seorang Admiral di angkatan laut. Ia memiliki delapan anak dan sangat menekankan kedisiplinan pada mereka. Suatu ketika ia bertemu dengan janda, seorang desainer dengan sepuluh orang anak yang terbiasa hidup ekspresif dan penuh kebebasan. Mereka kemudian memutuskan menikah tanpa sepengetahuan anak-anak mereka. Lalu bagaimana respon anak-anak atas tindakan orangtua mereka ini? Film keluarga ini begitu konyol, lucu, dan seru untuk disaksikan.

2. The Family Man (2000)

film keluarga the family man

Film ini menampilkan isu serius tentang nilai-nilai fundamental dalam sebuah keluarga. Antara dunia khayalan dan dunia sebenarnya dalam sebuah rumah tangga digambarkan di sepanjang alur cerita film ini. Sebagai Family Man, Jack Campbell (Nicolas Cage) berusaha menjalankan perannya sebagai suami sekaligus ayah dengan hati lapang. Ia juga terus belajar untuk menjadi pemimpin yang baik bagi keluarganya dan bisa membawa mereka kepada nilai-nilai kebaikan.  

3. About a Boy (2002)

film keluarga about a boy

Film yang diadaptasi dari novel laris dengan judul sama karya Nick Hornby ini bercerita tentang seorang bujangan bernama Will yang tengah berusaha mendekati seorang janda beranak dua. Sebagai pemikat, ia lalu berpura-pura menjadi duda satu anak melalui bantuan Marcus, anak tetangga sebelah yang super nakal. Lucunya, segala kebohongan yang mereka lakukan ini justru perlahan-lahan membuat hubungan dua pria bengal ini semakin dekat hingga terlihat seperti ayah dan anak sungguhan.

4. The Addams Family (1991)

film keluarga the addams family

Keluarga Addams ini dikisahkan sebagai keluarga eksentrik yang kaya raya. Keluarga ini kerap melakukan hal-hal gila bersama. Meski begitu, mereka tidak pernah menganggap diri mereka itu aneh walaupun semua orang di sekelilingnya menganggap mereka sebaiknya dikurung di rumah sakit jiwa saja. Justru sebaliknya, keluarga Addams menganggap semua orang lain di dunia ini lah yang aneh. Namun, keluarga Addams tetap menghargai orang lain yang membencinya. Sebuah film keluarga yang menyorot ikatan hubungan yang kuat dalam keluarga.

5. It’s Complicated (2009)

film keluarga it's complicated

Film ’It’s Complicated’ mengusung tema percintaan orangtua. Jake dan Jane yang telah bercerai dan meninggalkan tiga orang anak yang sudah beranjak dewasa, suatu ketika dipertemukan kembali dan menjalin hubungan. Selingkuh dengan mantan pasangan sendiri menjadi kelucuan tersendiri film ini. Apa yang disuguhkan It’s Complicated membuktikan bahwa usia 50-an tidak selalu harus serius dan bertanggung jawab. Film ini juga diselingi hal-hal konyol dan cerita yang amat lucu. Lantas, bagaimana mereka mengatasi problem rumah tangga masing-masing?

6. A Walk in the Clouds (1995)

film keluarga a walk in the clouds

A Walk in the Clouds menceritakan tentang seorang pemuda anggota tentara militer AS bernama Paul yang rela berkorban demi seorang wanita yang dicintainya, Victoria. Keduanya lalu berpura-pura sudah menikah untuk membahagiakan keluarga Victoria dan Victoria sendiri yang saat itu tengah mengandung. Namun sampai berapa lama kebohongan hubungan mereka ini dapat mereka tutupi? Bagaimana respon keluarga besar Victoria saat mengetahui sandiwara ini?

7. Kramer vs. Kramer (1979)

film keluarga kramer vs kramer

Film ini berkisah tentang sepasang suami istri yang tiba-tiba berpisah tanpa alasan jelas. Suatu hari, Joanna memutuskan untuk meninggalkan keluarga kecilnya. Ia merasakan sebuah kehampaan, namun itu hanya terjadi dalam dirinya. Padahal, suaminya Ted Kramer, saat itu baru saja mendapatkan promosi jabatan pada pekerjaannya. Dengan niat ingin memberi kejutan pada keluarganya, Ted malah menerima kenyataan pahit keputusan Joanna. Situasi ini membuat Ted menjadi single parent, memaksanya untuk bekerja sekaligus merawat anak mereka satu-satunya, Billy. Di sinilah keteguhan Ted diuji antara memilih karir atau keluarga.

8. The Story Of Us (1999)

film keluarga the story of us

Film ini menggambarkan sebuah kisah emosional romantis tentang perjuangan Ben dan Katie Jordan untuk mempertahankan pernikahan mereka. Keduanya juga sedang merenungkan tentang hal yang membuat pernikahan mereka mampu bertahan selama 15 tahun. Pasangan ini sedang dihadapkan dengan pertanyaan serius: “Mengapa banyak hal yang dulu membuat mereka saling jatuh cinta, namun kini malah membuat mereka berpisah?” Mengapa yang dulunya ‘Yes, I do’ kini berubah menjadi ‘Yes, I did’.

9. The Painted Veil (2006)

film keluarga the painted veil

The Painted Veil yang diadaptasi dari novel W. Somerset Maugham ini bercerita tentang pasangan muda, seorang dokter bernama Walter dan Kitty si gadis kaya raya. Meski tidak mencintai Walter, namun Kitty setuju untuk menikah dengan Walter yang begitu mencintainya. Lambat laun, saat mereka mulai terbiasa menjalani kehidupan rumah tangga sebagai keluarga, Kitty melihat sisi yang berbeda dari sosok Walter dan mulai jatuh cinta kepada suaminya itu. Film ini mengajarkan kita bahwa cinta sejati itu tidak tumbuh dari pandangan sekejap mata, namun tumbuh melalui pemahaman dan kesabaran.

10. Blue Valentine (2010)

film keluarga blue valentine

Blue Valentine, sebuah film drama romantis yang juga menyorot kehidupan keluarga. Film ini pada dasarnya menceritakan tentang bagaimana menata hubungan yang baik dan membuka kesempatan untuk menjadi keluarga bahagia. Dean dan Cindy dikisahkan sebagai pasangan yang menikah serta saling mencintai. Namun, seiring waktu berlalu, hubungan mereka tidak berjalan mulus. Lantas, apakah mereka mampu memperbaiki dan mempertahankan kehidupan rumah tangganya?
Beberapa film keluarga di atas menggambarkan kisah keluarga yang berbeda-beda. Pastinya menarik menyimak bagaimana kisah keluarga dengan latar belakang yang beragam tersebut menyikapi persoalan dengan cara mereka masing-masing.


EmoticonEmoticon